Senin, 24 September 2012

RPP AL QUR'AN HADIST











Kegiatan Belajar Mengajar di MI Al Mukhlis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : I (Satu  / 1  (Ganjil)
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit


A.       STANDAR KOMPETENSI
1.      Menghafalkan surat-surat pendek  secara benar  dan fasih

B.       Kompetensi Dasar
1.1    Melafalkan, surat al-Fatihah, an-Nas, al-Falaq, al-Ihlas, dan surat al-Lahab secara benar dan fasih

C.       MATERI PELAJARAN
§  Melafalkan surat al-Fatihah
§  Melafalkan surat al-Fatihah secara acak
§  Melafalkan surat al-Fatihah sesuai ayatnya

D.       METODE PEMBELAJARAN
§  Pemodelan
§  Drill
§  Praktik
§  Penugasan





E.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/
SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN

10 menit

§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa dalam melafalkan surat al-Fatihah
§  Membentuk kelompok kecil maksimal 4 anak
§  Mendesain kelas dalam bentuk tapal kuda
Teknik pembagian kelompok
1 menit

2 menit
3 menit

2 menit
2 menit
2.
KEGIATAN INTI

45 menit

§  Siswa menyimak penjelasan guru tentang, surat al-Fatihah mulai dari identitas surat, pengertian surat, nama surat, tempat diturunkannya surat, serta ayat pertama yang dibaca dalam surat al-Fatihah.
§  Melalui mendengar, siswa menirukan setiap pelafalan surat al-Fatihah yang dilakukan oleh guru
§  Secara berulang-ulang (drill), siswa menirukan pelafalan surat al-Fatihah dengan benar dan fasih
§  Dengan tehnik adu cepat, secara berkelompok siswa melafalkan surat al-Fatihah
§  Dengan cara bermain game tebak yang dipandu langsung oleh guru, siswa melafalkan surat al-Fatihah secara acak.
§  Secara berkelompok siswa melafalkan surat al-Fatihah dengan cara bergantian disemak oleh teman kelompoknya.
§  Secara berkelompok dan indifidu, siswa bergantian untuk melafalkan surat al-fatihah dengan benar dan fasih.

Guru, slide, tape recorder

Instrumen kuis

Instrument kuis dan kartu ayat

Papan penilaian


Papan penilaian

3.
PENUTUP

5 menit

§  Guru mengulang kembali pelafalan surat al-Fatihah ayat demi ayat yang diikuti oleh siswa.
§  Mengadakan Tanya jawab secara klasikal tentang materi yang dipelajarai.

Instrumen tugas individu


F.        MEDIA / SUMBER
§  Kartu ayat surat al-Fatihah
§  Tape recorder
§  Papan penilaian
§  Instrumen kuis
§  Instrumen kerja individu
§  Buku paket

G.       PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Melafalkan surat  al-Fatihah tiap ayat
§  Melafalkan surat al-Fatihah secara acak
§  Melafalkan surat al-Fatihah secara benar dan fasih
Tes lisan
Praktek
Unjuk kerja
§  Sebutkan surat  al-Fatihah tiap ayat!
§  Melafalkan surat an-Nas sesuai urutan ayat
§  Melafalkan surat an-Nas secara acak
§  Melafalkan surat an-Nas secara benar dan fasih
Tes lisan
Praktek
Unjuk kerja
§  Sebutkan surat an-Nas sesuai urutan ayat!
§  Melafalkan surat al-Falaq tiap ayat
§  Melafalkan surat al-Falaq secara acak
§  Melafalkan surat al-Falaq secara benar dan fasih
Tes lisan
Praktek
Unjuk kerja
§  Sebutkan surat al-Falaq tiap ayat!
§  Melafalkan surat al-Ikhlas tiap ayat
§  Melafalkan surat al- Ikhlas  secara acak
§  Melafalkan surat al- Ikhlas secara benar dan fasih
§   
Tes lisan
Praktek
Unjuk kerja
§  Sebutkan surat al-Ikhlas tiap ayat!
§  Melafalkan surat al-Lahab tiap ayat
§  Melafalkan surat al- Lahab secara acak
§  Melafalkan surat al- Lahab secara benar dan fasih
Tes lisan
Praktek
Unjuk kerja
§  Sebutkan surat al-Lahab tiap ayat!





Mengetahui,
Kepala Madrasah





................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits





................................................
NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : I (Satu  / 1  (Ganjil)
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit


A.   STANDAR KOMPETENSI
1.      Menghafalkan surat-surat pendek  secara benar  dan fasih

B.   Kompetensi Dasar
1.2    Menghafalkan, surat al-Fatihah, an-Nas, al-Falaq, al-Ihlas, dan surat al-Lahab secara benar dan fasih

C.   MATERI PELAJARAN
§  Melafalkan surat al-Fatihah
§  Melafalkan surat al-Fatihah secara acak
§  Melafalkan surat al-Fatihah sesuai ayatnya

D.   METODE PEMBELAJARAN
  1. Pemodelan
  2. Drill
  3. Praktik
  4. Penugasan

E.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/
SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN

10 menit

§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa dalam melafalkan surat al-Fatihah
§  Membentuk kelompok kecil maksimal 4 anak
§  Mendesain kelas dalam bentuk tapal kuda
Teknik pembagian kelompok
1 menit

2 menit
3 menit

2 menit
2 menit
2.
KEGIATAN INTI

45 menit

§  Siswa WAYAN menyimak penjelasan guru tentang, surat al-Fatihah mulai dari identitas surat, pengertian surat, nama surat, tempat diturunkannya surat, serta ayat pertama yang dibaca dalam surat al-Fatihah.
§  Melalui mendengar, siswa menirukan setiap pelafalan surat al-Fatihah yang dilakukan oleh guru
§  Secara berulang-ulang (drill), siswa menirukan pelafalan surat al-Fatihah dengan benar dan fasih
§  Dengan tehnik adu cepat, secara berkelompok siswa melafalkan surat al-Fatihah
§  Dengan cara bermain game tebak yang dipandu langsung oleh guru, siswa melafalkan surat al-Fatihah secara acak.
§  Secara berkelompok siswa melafalkan surat al-Fatihah dengan cara bergantian disemak oleh teman kelompoknya.
§  Secara berkelompok dan indifidu, siswa bergantian untuk melafalkan surat al-fatihah dengan benar dan fasih.

Guru, slide, tape recorder

Instrumen kuis

Instrument kuis dan kartu ayat

Papan penilaian


Papan penilaian

3.
PENUTUP

5 menit

§  Guru mengulang kembali pelafalan surat al-Fatihah ayat demi ayat yang diikuti oleh siswa.
§  Mengadakan Tanya jawab secara klasikal tentang materi yang dipelajarai.

Instrumen tugas individu


F.    MEDIA / SUMBER
§  Kartu ayat surat al-Fatihah
§  Tape recorder
§  Papan penilaian
§  Instrumen kuis
§  Instrumen kerja individu
§  Buku paket

G.   PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Menghafal surat al-Fatihah sesuai urutan ayat
§  Menghafal surat al-Fatihah setiap ayat secara acak
§  Menghafal surat al-Fatihah secara benar dan fasih
Tes lisan
Praktek
Unjuk kerja
§  Sebutkan surat al-Fatihah sesuai urutan ayat!
§  Menghafalkan surat an-Nas sesuai urutan ayat
§  Menghafalkan surat an-Nas secara acak
§  Menghafal  surat an-Nas secara benar dan fasih
Tes lisan
Praktek
Unjuk kerja
§  Sebutkan surat an-Nas sesuai urutan ayat!
§  Menghafalkan surat al-Falaq sesuai urutan ayat
§  Menghafalkan surat al-Falaq secara acak
§  Menghafalkan surat al-Falaq secara benar dan fasih
Tes lisan
Praktek
Unjuk kerja
§  Sebutkan surat al-Falaq sesuai urutan ayat!
§  Menghafalkan surat al-Ikhlas sesuai urutan ayat
§  Menghafalkan surat al-Ikhlas secara acak
§  Menghafalkan surat al-Ikhlas secara benar dan fasih
Tes lisan
Praktek
Unjuk kerja
§  Sebutkan surat al-Ikhlas sesuai urutan ayat!
§  Menghafalkan surat al-Lahab sesuai urutan ayat
§  Menghafalkan surat al-Lahab secara acak
§  Menghafalkan surat al-Lahab secara benar dan fasih
Tes lisan
Praktek
Unjuk kerja
§  Sebutkan surat al-Lahab sesuai urutan ayat!





Mengetahui,
Kepala Madrasah





................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits





................................................
NIP.

Rounded Rectangle: RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

MATA PELAJARAN:
QUR’AN HADITS
KELAS I SEMESTER 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : I (Satu  / 2  (Genap)
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit


A.   STANDAR KOMPETENSI
2.      Menghafalkan surat-surat pendek  secara benar  dan fasih

B.   Kompetensi Dasar
2.1    Menghafalkan, surat al-Fatihah, an-Nas, al-Falaq, al-Ihlas, dan surat al-Lahab secara benar dan fasih

C.   MATERI PELAJARAN
§  Nama huruf hijaiyah

D.   METODE PEMBELAJARAN
  1. Pemodelan
  2. Drill
  3. Praktik
  4. Penugasan

E.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN

10 menit

§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa tentang huruf hijaiyah
§  Membentuk kelompok kecil maksimal 2 anak
Teknik pembagian kelompok


1 menit

2 menit

3 menit
2 menit
2.
KEGIATAN INTI

45 menit

§  Guru memberi contoh cara pengucapan huruf hijaiyah yang benar sesuai makhrajnya
§  Siswa menirukan pelafalan huruf hijaiyah dengan benar
§  Siswa mengikuti cara pengucapan beberapa huruf hijaiyah yang agak sulit, misalnya tsa’, kho’, syin, shad, dhad, ‘ain, qof, dan ha’
§  Siswa menirukan pengucapan huruf-huruf sulit tersebut secara bergantian sampai lancar pengucapannya
§  Siswa mengulang pengucapan huruf secara menyeluruh mulai dari alif sampai ya
§  Secara berkelompok siswa berlatih mengucapkan dan menghafalkan nama-nama huruf hijaiyah
§  Secara berkelompok siswa bermain kartu huruf sekaligus pengucapannya   (bermain tebak huruf)
§  Menghafalkan  huruf hijaiyah dengan benar sesuai makhrajnya secara individu
Guru, slide, tape recorder

Instrumen kuis

Papan penilaian
Kartu huruf

Papan penilaian


Huruf hijaiyah

3.
PENUTUP

5 menit

§  Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan huruf hijaiyah dengan benar
§  Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan menghafalkan huruf hijaiyah
Instrumen tugas individu



F.    MEDIA / SUMBER
§  Kartu huruf hijaiyah
§  Papan flanel
§  Instrumen kuis
§  Buku paket

G.   PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Melalui pelafalan yang didengarkan guru siswa mengenal nama-nama huruf hijaiyah
§  Mengamati secara langsung bentuk huruf-huruf hijaiyah
§  Mengenal ciri-ciri huruf hijaiyah dengan cara menngidentifikasi bentuk yang sama, titik atas / bawah
§  Bermain game mengelompokkan huruf hijaiyah berdasar bentukdan titiknya
Tes lisan
Praktek
Unjuk kerja
§  Sebutkan huruf hijaiyah dengan cara menngidentifikasi bentuk yang sama, titik atas / bawah!
§  Mengenal  bentuk tanda baca (fathah, kasrah, dhummah) dengan cara mendengar ketera-ngan guru, dan mengadakan pengamatan langsung tanda baca
§  Bersama dengan teman sebangku mengaplikasikan tanda baca  fathah, kasrah, dan dhummah pada huruf hijaiyah dalam bentuk rangkaian kata / kalimat sesuai dengan petunjuk tugas dari guru
Tes lisan
Praktek
Unjuk kerja
§  Sebutkan bentuk tanda baca (fathah, kasrah, dhummah) dengan cara mendengar ketera-ngan guru, dan mengadakan pengamatan langsung tanda baca!






Mengetahui,
Kepala Madrasah





................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits





................................................
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : I (Satu  / 2  (Genap)
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit


A.   STANDAR KOMPETENSI
2.      Menghafalkan surat-surat pendek  secara benar  dan fasih

B.   Kompetensi Dasar
2.2    Membaca  huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya

C.   MATERI PELAJARAN
§  Membaca huruf hijaiyah sesuai makhrajnya

D.   METODE PEMBELAJARAN
  1. Pemodelan
  2. Drill
  3. Praktik
  4. Penugasan

E.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN

10 menit

§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa tentang huruf hijaiyah
§  Membentuk kelompok kecil maksimal 2 anak
Teknik pembagian kelompok


1 menit

2 menit

3 menit
2 menit
2.
KEGIATAN INTI

45 menit

§  Guru memberi contoh cara pengucapan huruf hijaiyah yang benar sesuai makhrajnya
§  Siswa menirukan pelafalan huruf hijaiyah dengan benar
§  Siswa mengikuti cara pengucapan beberapa huruf hijaiyah yang agak sulit, misalnya tsa’, kho’, syin, shad, dhad, ‘ain, qof, dan ha’
§  Siswa menirukan pengucapan huruf-huruf sulit tersebut secara bergantian sampai lancar pengucapannya
§  Siswa mengulang pengucapan huruf secara menyeluruh mulai dari alif sampai ya
§  Secara berkelompok siswa berlatih mengucapkan dan menghafalkan nama-nama huruf hijaiyah
§  Secara berkelompok siswa bermain kartu huruf sekaligus pengucapannya   (bermain tebak huruf)
§  Menghafalkan  huruf hijaiyah dengan benar sesuai makhrajnya secara individu
Guru, slide, tape recorder

Instrumen kuis

Papan penilaian
Kartu huruf

Papan penilaian


Huruf hijaiyah

3.
PENUTUP

5 menit

§  Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan huruf hijaiyah dengan benar
§  Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan menghafalkan huruf hijaiyah
Instrumen tugas individu



F.    MEDIA / SUMBER
§  Kartu huruf hijaiyah
§  Papan flanel
§  Instrumen kuis
§  Buku paket

G.   PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Melafalkan  huruf hijaiyah
§  Membaca huruf hijaiyah sesuai makhrajnya
Tes lisan
Tes tulis
Tes obyektif
§  Sebutkan huruf hijaiyah sesuai makhrajnya!




Mengetahui,
Kepala Madrasah





................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits





................................................
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : I (Satu  / 2  (Genap)
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit


A.   STANDAR KOMPETENSI
3.      Menghafal surat-surat pendek

B.   Kompetensi Dasar
3.1    Melafalkan surat al-Kautsar ,Quraisy

C.   MATERI PELAJARAN
§  Melafalkan surat al-Kautsar
§  Surat Quraisy

D.   METODE PEMBELAJARAN
§  Menirukan pelafalan dari guru dengan dibimbing guru, siswa bersama-sama
§  Melafalkan surat al-Kautsar sesuai ayatnya secara berkelompok bergantian
§  Menirukan pelafalan dari guru dengan dibimbing guru, siswa bersama-sama
§  Melafalkan surat Quraisy tiap ayat secara berulang-ulang
§  Melafalkan surat Quraisy sesuai ayatnya secara berkelompok bergantianDrill

E.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN

10 menit

§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa tentang huruf hijaiyah
§  Membentuk kelompok kecil maksimal 2 anak
Teknik pembagian kelompok


1 menit

2 menit

3 menit
2 menit
2.
KEGIATAN INTI

45 menit

§  Guru memberi contoh cara pengucapan surat al-Kautsar ,Quraisy yang benar sesuai makhrajnya
§  Siswa menirukan pelafalan surat al-Kautsar ,Quraisy dengan benar
§  Siswa menirukan pengucapan surat al-Kautsar ,Quraisy secara bergantian sampai lancar pengucapannya
§  Siswa mengulang pengucapan surat al-Kautsar ,Quraisy secara menyeluruh
§  Secara berkelompok siswa berlatih mengucapkan dan menghafalkan nama-nama huruf hijaiyah
§  Secara berkelompok siswa bermain kartu huruf sekaligus pengucapannya  (bermain tebak huruf)
§  Menghafalkan  surat al-Kautsar ,Quraisy dengan benar sesuai makhrajnya secara individu
Guru, slide, tape recorder

Instrumen kuis

Papan penilaian
Kartu huruf

Papan penilaian


Huruf hijaiyah

3.
PENUTUP

5 menit

§  Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan surat al-Kautsar ,Quraisy dengan benar
§  Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan menghafalkan surat al-Kautsar ,Quraisy
Instrumen tugas individu



F.    MEDIA / SUMBER
§  Buku Paket
§  Buku yang relevan
§  Kartu ayat
§  Lafal surat al-Kautsar

G.   PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Melafalkan  surat al-Kautsar tiap ayat
§  Melafalkan surat al-Kautsar secara acak
§  Melafalkan surat al-Kautsar secara benar dan fasih
Tes lisan
Tes tulis
Tes obyektif
§  Sebutkan surat al-Kautsar tiap ayat!
§  Melafalkan surat  Quraisy tiap ayat
§  Melafalkan surat Quraisy secara acak
§  Melafalkan surat Quraisy secara benar dan fasih


§  Sebutkan surat  Quraisy tiap ayat!


Mengetahui,
Kepala Madrasah





................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits





................................................
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : I (Satu  / 2  (Genap)
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit


A.   STANDAR KOMPETENSI
3.      Menghafal surat-surat pendek

B.   Kompetensi Dasar
3.2    Menghafalkan al-Kautsar ,Quraisy

C.   MATERI PELAJARAN
§  Surat al-Kautsar
§  Surat Quraisy

D.   METODE PEMBELAJARAN
§  Membaca berulang-ulang surat al-Kautsar tiap ayat
§  Menghafal berulang-ulang tiap ayat
§  Secara berkelompok atau dengan teman sebangku menghafal surat al-Kautsar dan bergantian saling menyimak
§  Membaca berulang-ulang surat al-Quraisy tiap ayat
§  Menghafal berulang-ulang tiap ayat
§  Secara berkelompok atau dengan teman sebangku menghafal surat al-Quraisy dan bergantian saling menyimak




E.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN

10 menit

§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa tentang huruf hijaiyah
§  Membentuk kelompok kecil maksimal 2 anak
Teknik pembagian kelompok


1 menit
2 menit
3 menit
2 menit
2.
KEGIATAN INTI

45 menit

§  Guru memberi contoh cara pengucapan surat al-Kautsar ,Quraisy yang benar sesuai makhrajnya
§  Siswa menirukan pelafalan surat al-Kautsar ,Quraisy dengan benar
§  Siswa menirukan pengucapan surat al-Kautsar ,Quraisy secara bergantian sampai lancar pengucapannya
§  Siswa mengulang pengucapan surat al-Kautsar ,Quraisy secara menyeluruh
§  Secara berkelompok siswa berlatih mengucapkan dan menghafalkan nama-nama huruf hijaiyah
§  Secara berkelompok siswa bermain kartu huruf sekaligus pengucapannya  (bermain tebak huruf)
§  Menghafalkan  surat al-Kautsar ,Quraisy dengan benar sesuai makhrajnya secara individu
Guru, slide, tape recorder

Instrumen kuis

Papan penilaian
Kartu huruf

Papan penilaian

Huruf hijaiyah

3.
PENUTUP

5 menit

§  Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan surat al-Kautsar ,Quraisy dengan benar
§  Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan menghafalkan surat al-Kautsar ,Quraisy
Instrumen tugas individu


F.    MEDIA / SUMBER
§  Buku Paket
§  Buku yang relevan
§  Kartu ayat
§  Lafal surat al-Kautsar

G.   PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Menghafal surat al-Kautsar sesuai urutan ayat
§  Menghafal surat al-Kautsar secara acak
§  Menghafal surat surat al-Kautsar secara benar dan fasih
Tes lisan

Tes tulis
Tes obyektif
§  Sebutkan surat al-Kautsar sesuai urutan ayat!
§  Menghafal surat Quraisy sesuai urutan ayat
§  Menghafal Quraisy secara acak
§  Menghafal Quraisy secara benar dan fasih
Tes lisan

Tes tulis
Tes obyektif
§  Sebutkan surat Quraisy sesuai urutan ayat!


Mengetahui,
Kepala Madrasah





................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits





................................................
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : I (Satu  / 2  (Genap)
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit


A.   STANDAR KOMPETENSI
4.      Memahami hadits tentang Kebersihan secara sederhana

B.   Kompetensi Dasar
4.1    Menerjemahkan hadits tentang kebersihan secara sederhana

C.   MATERI PELAJARAN
§  Hadits tentang kebersihan

D.   METODE PEMBELAJARAN
§  Menirukan pelafalan hadits dari guru
§  Dengan bimbingan guru, siswa melafalkan hadits tentang kebersihan, tiap penggalan kata kemudian secara keseluruhan
§  Membaca literatur dan dibimbing guru menerjemahkan hadits tentang kebersihan

E.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN

10 menit

§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa tentang hadits
Teknik pembagian kelompok


3 menit
2 menit

5 menit
2.
KEGIATAN INTI

45 menit

§  Guru memberi contoh cara pengucapan hadits yang benar sesuai makhrajnya
§  Siswa menirukan pelafalan hadits dengan benar
§  Siswa menirukan pengucapan hadits secara bergantian sampai lancar pengucapannya
§  Siswa mengulang pengucapan hadits secara menyeluruh
§  Secara berkelompok siswa berlatih mengucapkan dan menghafalkan hadits
§  Menghafalkan  hadits dengan benar sesuai makhrajnya secara individu
Buku paket
Buku yang relevan
Lafal hadits tentang kebersihan
Gambar-gambar lingkungan bersih dan kotor

3.
PENUTUP

5 menit

§  Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan hadits dengan benar
§  Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan menghafalkan hadits
Instrumen tugas individu




F.    PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Menunjukkan arti beberapa kata  dalam hadits tentang kebersihan secara sederhana
§  Menunjukkan makna hadits tentang kebersihan  secara sederhana
Tes lisan

Tes tulis
Tes obyektif
§  Sebutkan arti beberapa kata  dalam hadits tentang kebersihan secara sederhana!





Mengetahui,
Kepala Madrasah





................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits





................................................
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : I (Satu  / 2  (Genap)
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit


A.   STANDAR KOMPETENSI
4.      Memahami hadits tentang Kebersihan secara sederhana

B.   Kompetensi Dasar
4.2    Menghafal hadits tentang kebersihan

C.   MATERI PELAJARAN
§  Hadits tentang kebersihan

D.   METODE PEMBELAJARAN
§  Membaca berulang-ulang hadits tentang kebersihan
§  Dengan dibimbing guru menghafal beberapa kata dari hadits tentang kebersihan
§  Menghafalkan hadits tentang kebersihan secara berkelompok atau teman sebangku bergantian saling menyimak

E.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN

10 menit

§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa tentang hadits
Teknik pembagian kelompok


3 menit
2 menit

5 menit
2.
KEGIATAN INTI

45 menit

§  Guru memberi contoh cara pengucapan hadits yang benar sesuai makhrajnya
§  Siswa menirukan pelafalan hadits dengan benar
§  Siswa menirukan pengucapan hadits secara bergantian sampai lancar pengucapannya
§  Siswa mengulang pengucapan hadits secara menyeluruh
§  Secara berkelompok siswa berlatih mengucapkan dan menghafalkan hadits
§  Menghafalkan  hadits dengan benar sesuai makhrajnya secara individu
Buku paket
Buku yang relevan
Lafal hadits tentang kebersihan
Gambar-gambar lingkungan bersih dan kotor

3.
PENUTUP

5 menit

§  Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan hadits dengan benar
§  Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan menghafalkan hadits
Instrumen tugas individu




F.    PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Melafalkan hadits tentang  kebersihan
§  Menghafalkan beberapa kata dalam hadits tentang  kebersihan
§  Menghafal  hadits tentang kebersihan
Tes lisan

Tes tulis
Tes obyektif
§  Jelaskan makna hadits tentang kebersihan  secara sederhana!





Mengetahui,
Kepala Madrasah





................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits





................................................
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                           : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester          : I (Satu  / 2  (Genap)
Alokasi Waktu               : 6 X 35 Menit


A.   STANDAR KOMPETENSI
4.      Memahami hadits tentang Kebersihan secara sederhana

B.   Kompetensi Dasar
4.3    Menunjukkan perilaku bersih di lingkungannya

C.   MATERI PELAJARAN
§  Perilaku bersih

D.   METODE PEMBELAJARAN
§  Mengamati dan memperhatikan media audio visual atau lingkungan sosial tentang prilaku bersih di lingkungan
§  Tanya jawab dengan guru mengenai masalah prilaku bersih

E.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN

10 menit

§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa tentang hadits
Teknik pembagian kelompok


3 menit
2 menit

5 menit
2.
KEGIATAN INTI

45 menit

§  Guru memberi contoh cara pengucapan hadits yang benar sesuai makhrajnya
§  Siswa menirukan pelafalan hadits dengan benar
§  Siswa menirukan pengucapan hadits secara bergantian sampai lancar pengucapannya
§  Siswa mengulang pengucapan hadits secara menyeluruh
§  Secara berkelompok siswa berlatih mengucapkan dan menghafalkan hadits
§  Menghafalkan  hadits dengan benar sesuai makhrajnya secara individu
Buku paket
Buku yang relevan
Lafal hadits tentang kebersihan
Gambar-gambar lingkungan bersih dan kotor

3.
PENUTUP

5 menit

§  Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan hadits dengan benar
§  Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan menghafalkan hadits
Instrumen tugas individu




F.    PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Menyebutkan arti  perilaku bersih
§  Menyebutkan cara-cara berperilaku bersih di lingkungannya
§  Menunjukkan keuntungan memiliki perilaku bersih di lingkungannya
§  Menunjukkan perilaku bersih di lingkungannya
Tes lisan

Tes tulis
Tes obyektif
§  Jelaskan arti  perilaku bersih!
§  Sebutkan cara-cara berperilaku bersih di lingkungannya





Mengetahui,
Kepala Madrasah





................................................
NIP.

........................ , ............................
Guru bidang studi Qur’an Hadits





................................................
NIP.


Semoga bermanfaat !


Tidak ada komentar: